Mengenal istilah strategi Independent Chip Model (ICM) dalam poker online

Sekarang kita akan membahas bagaimana Anda bisa menggunakan ICM untuk membuat keputusan selama turnamen, terutama pada tahap akhir. Jika Anda belum membaca artikel sebelumnya “What is ICM” maka akan direkomendasikan untuk membaca ini terlebih dahulu, karena beberapa konsep di sini mengasumsikan sebuah pemahaman dasar.

Salah satu hal yang paling penting untuk dipahami saat menggunakan ICM di turnamen poker adalah berbeda antara cEV (Chip Expected Value) dan $ EV (Money Expected Value). cEV adalah jumlah chip yang bisa Anda harapkan untuk mendapatkan atau kalah dari permainan. $ EV adalah jumlah ekuitas turnamen yang dapat Anda harapkan untuk mendapatkan atau kalah dari permainan. Hanya karena permainan mungkin + cEV tidak berarti bahwa itu akan menjadi + $ EV !!!

Chip Expected Value seperti EV dalam game cash.

Sebagai contoh jika Anda dan lawan Anda memiliki 1000 chip dan pergi semua dengan preflop, dengan Anda memegang AA dan lawan Anda memegang KK, Anda dapat mengharapkan untuk membuat sekitar 800 chip dari panggilan ini setiap kali Anda membuatnya (karena Anda kira-kira sama 80% favorit untuk menang tangan). Jadi chip EV, seperti yang dinyatakan di atas hanyalah jumlah chip yang kita dapatkan rata-rata dengan membuat permainan.

Uang EV adalah versi yang sedikit lebih maju, karena Anda harus menghitung berapa banyak uang yang Anda harapkan untuk mendapatkan ekuitas kolam hadiah dari setiap permainan yang Anda buat di turnamen. Sebagai contoh, dalam kasus di atas dimana kita memanggil dan memenangkan 480 chip, ini masih berlaku tentu saja. Tapi kita harus menempatkan figur moneter tentang seberapa besar kemungkinan kita memenangkan turnamen dengan tambahan 480 chip tersebut.

Menggunakan ICMuntuk membuat keputusan marjinal atau sulit

Bila menghadapi keputusan sulit, jelas bagi kita untuk dapat mengetahui apakah sebuah panggilan akan meningkatkan ekuitas kita secara keseluruhan. Contoh yang bagus untuk ini adalah jika kita berada di BB dengan tangan seperti KJs dan si kecil buta masuk dengan tangan acak. Di sini kita tidak terlalu tertarik pada berapa banyak chip yang ingin kita dapatkan dengan menelepon, tapi kami sangat tertarik untuk menaikkan atau tidak meningkatkan ekuitas turnamen kami.
Contoh Tangan

Dalam contoh ini kita bermain $ 10, 10 orang duduk dan pergi yang memiliki struktur bayar standar dari 3 tempat teratas (1 – $ 50, 2 – $ 30 dan 3rd – $ 20). Tirainya 100/200 dan ada 4 pemain tersisa:

(BB – HERO) Pemain A – 2.000

(SB) Pemain B – 2.000

(BTN) Pemain C – 3.000

(CO) Pemain D – 3.000

Pemain D dan C keduanya melipat dan kemudian kita tertinggal dengan situasi yang sama seperti yang kita bahas di atas. Player B masuk ke kami dan kami memiliki KJs di hati. Kita sudah tahu bahwa pemain B sangat agresif dan dalam situasi ini akan masuk semua dengan dua kartu. Ada 3 langkah penting yang harus kita ambil sebelum mengambil keputusan. Yang pertama adalah mengerjakan ekuitas kita dibandingkan rentangnya, yang kita tahu adalah tangan acak. Kedua, kita harus mempertimbangkan perubahan ekuitas kolam hadiah untuk setiap situasi (jika kita melipat atau memanggil dan menang / kalah). Setelah kami melakukan ini, kami siap untuk bekerja jika ekuitas keseluruhan kami meningkat dengan menelepon.

Mengerjakan ekuitas kami dengan cara yang acak sangat mudah berkat program seperti PokerStove yang akan memberi tahu Anda dalam beberapa detik setelah memasukkan informasinya. Dengan menggunakan ini, saya dapat memberitahu Anda bahwa ekuitas kita dengan KJ adalah 62,6% melawan tangan acak. Berarti bahwa 62,6% dari waktu tumpukan kita meningkat menjadi 4.000 chip dan 37,4% dari waktu kita kehilangan chip dan menggelembung di turnamen.

Untuk langkah selanjutnya kita perlu menggunakan kalkulator ICM lagi. Kami akan menghitung perubahan kami di ekuitas kolam hadiah untuk semua 3 skenario – panggilan dan menang, telepon dan kalah dan lipat.

Ekuitas kita jika kita sebut dan menang

(BB) Pemain A – 4.000 = $ 35.40 ekuitas

(SB) Pemain B – 0 = $ 0 ekuitas

(BTN) Pemain C – 3.000 = $ 32.30 ekuitas

(CO) Pemain D – 3.000 = ekuitas $ 32.30

Ekuitas kita jika kita sebut dan kalah

(BB) Pemain A – 0 = $ 0 ekuitas

(SB) Pemain B – 4.000 = $ 35,40 [ekuitas

(BTN) Pemain C – 3.000 = $ 32.30 ekuitas

(CO) Pemain D – 3.000 = ekuitas $ 32.30

Ekuitas kita jika kita melipat (kehilangan 200 chip BB kita)

(BB) Pemain A – 1.800 = $ 20,20 ekuitas

(SB) Pemain B – 2,200 = $ 23,40 ekuitas

(BTN) Pemain C – 3.000 = $ 28,20 ekuitas

(CO) Pemain D – 3.000 = $ 28,20 ekuitas

Sekarang setelah kita memiliki semua informasi, kita siap untuk menghitung total ekuitas kolam renang kita dan melihatnya jika meningkat dengan menelepon atau melipat. Tentunya kita sudah tahu bahwa jika kita melipat ekuitas kita adalah $ 20.20. Mari kita masukan figur dan melihat apakah KJs adalah sebuah panggilan! Total Hadiah Pool Equity = (0.626 * 35.40) (0.374 * 0) = $ 22.16

Seperti yang Anda lihat, dengan menyebut taruhan ini, ekuitas kita meningkat sebesar $ 1,96 ($ 22,16 – $ 20,20). Oleh karena itu dalam jangka panjang melawan tangan acak kita dapat menyimpulkan bahwa menguntungkan untuk memanggil KJ kita. Meskipun itu adalah tepi kecil dan kami hanya menghasilkan tambahan $ 1,96, jelas bahwa memanggil adalah permainan yang optimal.

Jelas selama turnamen poker Anda tidak memiliki waktu atau energi mental untuk menghitung ini setiap kali Anda dimasukkan ke dalam posisi sulit apakah akan menelepon atau melipat. Namun menggunakan Independent Chip Model bisa menjadi keterampilan yang sangat berguna untuk dimiliki saat meninjau sesi, terutama situasi dimana Anda tidak yakin jika Anda membuat keputusan yang tepat saat itu.
Semakin Anda membuat perhitungan ini, semakin Anda akan dapat mengidentifikasi situasi di mana Anda tahu bahwa permainan Anda optimal. Tepi kecil ini bisa mengubah Anda dari pemain impas menjadi pemenang yang layak di turnamen SNG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *